GENGGAMLAH DUNIA DENGAN IT, (LA ODE MUSRIN)


Tips Sukses Berbisnis Ternak Ayam untuk Pemula

Tips Sukses Berbisnis Ternak Ayam untuk Pemula

 

Memulai sebuah bisnis tentu akan membuat anda memikirkan banyak hal, terutama mengenai jenis bisnis yang paling tepat untuk anda jalankan. Hal ini sangat wajar, sebab bisnis akan melibatkan sejumlah modal dan juga waktu anda yang berharga, sehingga anda perlu memikirkan segala sesuatunya dengan sangat matang. Ketika memutuskan untuk memulai bisnis yang baru, anda tentu mengharapkan sejumlah penghasilan dari bisnis tersebut dan inilah yang menjadi tujuan utama dari bisnis yang akan anda jalankan.
Meski ini akan menjadi pengalaman bisnis pertama bagi anda, namun bukan berarti anda akan menjalankan dengan asal-asalan saja. Semua perlu diperhitungkan dengan baik, sehingga tujuan dari bisnis yang anda jalankan bisa tercapai dengan maksimal. Bisnis bukanlah sebuah proses instan yang bisa dijalankan tanpa perhitungan, sebab satu saja tahapan di dalamnya tidak berjalan dengan lancar, maka keseluruhan hasilnya bisa saja tidak tercapai dengan maksimal. Sangat penting untuk mengenali dan mengetahui dengan baik mengenai bisnis yang akan anda jalankan, sehingga anda bisa meminimalisir berbagai hambatan dan juga gangguan yang mungkin saja anda temui di masa yang akan datang. Kuasai setiap tahap dan proses di dalam bisnis anda dengan sangat baik, agar anda benar-benar yakin untuk menjalankannya dengan sukses.

Bisnis Ternak Ayam Bagi Pemula

Bisnis tidak selalu dimulai dengan sesuatu yang besar dan bermodal banyak, anda bisa memulainya dengan berbagai bidang yang memang menarik minat anda dan memiliki peluang pasar yang bagus. Kedua hal tersebutlah yang selalu harus anda jadikan sebagai pemikiran utama saat menjalankan bisnis anda. Untuk apa anda menjalankan bisnis jika ternyata tidak memiliki sebuah peluang untuk mendatangkan keuntungan?
Jika anda memilih untuk menekuni bisnis ternak, maka beternak ayam potong (ayam broiler) bisa anda jadikan sebagai pertimbangan. Anda tentu mengerti, bagaimana permintaan pasar akan daging ayam sepanjang tahun terbilang sangat tinggi dan selalu stabil, maka ini bisa anda jadikan sebagai peluang bisnis yang menjanjikan.
Keuntungan yang bisa anda dapatkan dari bisnis ayam potong juga terbilang sangat cerah, sebab bukan hanya pasar yang luas saja, namun keuntungan juga patut untuk anda pertimbangkan juga. Rata-rata harga jual ayam potong adalah sebesar Rp30.000,- per kilonya, bahkan bisa mencapai Rp40.000,- pada momen-momen tertentu, seperti lebaran dan juga natal. Dengan biaya produksi yang hanya berkisar antara Rp10.000,- sampai Rp15.000,- saja per kilonya, maka peluang anda untuk mendapatkan sejumlah keuntungan juga sangat besar. Sejumlah keuntungan inilah yang membuat banyak orang begitu tertarik untuk mendalami bisnis ayam potong, sebab masa produksinya juga terbilang cukup singkat.

Modal Awal yang Dibutuhkan



Saat kita berbicara mengenai bisnis, kita tentu tidak bisa melupakan sejumlah modal yang dibutuhkan untuk hal tersebut. Perhitungan modal awal sangat penting untuk dilakukan, hal ini akan memberi anda gambaran mengenai kesiapan anda untuk menjalankan bisnis yang anda pilih. Jangan sampai modal yang tidak mencukupi, justru membuat bisnis berhenti di tengah jalan dan memberi anda sejumlah kerugian di masa yang akan datang.
Modal awal juga akan menjadi faktor penentu keuntungan yang akan anda dapatkan nantinya, jika anda memiliki sejumlah modal yang cukup besar, maka peluang anda untuk mendapatkan keuntungan akan lebih besar pula. Namun hal tersebut tentu akan tergantung pada tingkat keberhasilan bisnis yang anda jalankan.
Untuk memulai bisnis beternak ayam potong, berikut adalah gambaran modal awal yang dibutuhkan:

Modal Tetap:

5 buah kandang ayam (3 x 3 meter) Rp3.000.000,-
10 buah tempat minum ayam Rp70.000,-
10 buah tempat makan ayam Rp50.000,-
5 buah lampu penerang Rp25.000,-
Total modal tetap Rp445.000,-

Modal Tidak Tetap:

200 ekor ayam Rp100.000,-
5 karung konsentrat Rp600.000,-
Obat-obatan Rp120.000,-
Biaya listrik Rp35.000,-
Total modal tidak tetap Rp855.000,-
Total keseluruhan modal Rp1.300.000.-      

Tips Sukses Beternak Ayam


Saat anda melaksanakan bisnis anda tentu tidak menginginkan kegagalan di dalam bisnis tersebut. Lakukan beberapa tips ini untuk membantu kesuksesan ternak ayam potong yang anda jalankan:
  • Siapkan kandang yang ideal dan sesuai, dengan kecukupan cahaya matahari serta sirkulasi udara bagi ternak anda. Pastikan suhu udara cukup stabil dan tidak berubah secara drastis pada kondisi tertentu, contohnya ketika malam datang suhu menjadi terlalu rendah.
  • Siapkan berbagai hal pendukung lainnya dengan baik, hal ini akan sangat berpengaruh pada cara anda mengelola ternak anda. Beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti: ketersediaan sumber daya air dan juga listrik.
  • Pastikan kandang siap untuk digunakan menampung anak ayam ternakan anda. Beberapa hal yang harus anda cermati adalah: lampu penghangat, sekat dan peralatan makan dan minumnya.
  • Berikan perhatian ekstra selama 14 hari pertama ternak anda, ini masa-masa yang rentan dan anda harus benar-benar memperhatikan mereka dengan cermat. Pastikan suhu udara selalu stabil dan sesuai dengan kondisi di kandang, artinya tidak terlalu dingin dan tidak terlalu hangat juga.
  • Berikan pakan secara teratur dan selalu jaga kebersihan kandang serta lingkungan sekitarnya dengan baik, agar sirkulasi udara tetap sehat untuk ternak anda.
  • Setelah masa 14 hari pertama, ternak akan lebih mudah dirawat. Cukup berikan pakan secara teratur 2 sampai 3 kali sehari.
  • Jangan lupa melakukan vaksinasi sebanyak 3 kali secara berkala, yakni: tepat pada hari ke-7, hari ke-14, dan hari ke-21.
  • Lakukan pemberian antibiotik dan vitamin, waktunya adalah hari ke-5 sampai hari ke-10 sebelum masa panen dilakukan. Untuk vitamin tersebut, bisa anda lakukan hingga masa panen tiba.

Memulai dengan Tepat

Apapun alasan anda terjun ke dunia bisnis ternak, sebaiknya anda melakukan hal tersebut dengan penuh perhitungan. Pilih dan siapkan bisnis anda dengan sebuah perencanaan yang matang, agar hasil yang didapatkan bisa maksimal. Pastikan anda memperhitungkan modal yang akan dikeluarkan dengan baik, lakukan setiap tahap dengan benar dan anda akan mendapatkan keuntungan yang baik atas bisnis tersebut.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Postingan Populer

TNDE

ABSEN BM

Pengikut