GENGGAMLAH DUNIA DENGAN IT, (LA ODE MUSRIN)


3 Alasan Mengapa Wanita Hamil Mengalami Ngidam


doktersehat-kehamilan-hamil-1024
DokterSehat.Com– Ketika sedang hamil, wanita akan mengalami ngidam atau menginginkan sesuatu secara berlebihan, baik berupa makanan, minuman, dan yang lainnya. Wanita hamil mengalami ngidam merupakan suatu hal yang wajar karena merupakan bagian dari pertanda yang paling umum ketika wanita sedang hamil.
Tidak hanya berupa makanan dan minuman saja, terkadang wanita hamil bisa mengidam aroma atau rasa tertentu. Hal ini terjadi karena reaksi alami yang dirasakan tubuh yang sedang  berusaha membangun vitamin di dalam aliran darah untuk bisa menjaga agar janin di dalam rahim tetap aman. Selain itu, ada penyebab lain mengapa wanita hamil mengalami ngidam, diantaranya:

1. Tubuh Kekurangan Gizi

Tubuh membutuhkan gizi yang cukup agar selalu sehat. Wanita hamil membutuhkan gizi yang lebih banyak dibanding dengan wanita yang tidak hamil. Maka tak heran jika wanita kekurangan gizi, mereka akan mengalami ngidam. Misalkan, ketika wanita hamil sedang kekurangan zat besi, maka mereka akan mengidam makanan atau minuman yang mengandung zat besi. Namun, ada juga wanita hamil yang sedang kekurangan vitamin tapi justru mengidam es krim. Hal ini memang tidak ada kaitannya antara makanan yang diinginkan dengan nutrisi yang dibutuhkan. Akan tetapi, wanita hamil juga bisa mengalami pica atau gangguan yang dapat menyebabkan mereka menginginkan memakan barang-barang di luar makanan.

2. Perubahan Hormon

Alasan yang paling umum mengapa wanita hamil mengalami ngidam adalah terjadinya perubahan hormon di dalam tubuh. Perubahan hormon tersebut juga bisa mempengaruhi bau dan rasa pada makanan sehingga membuat wanita hamil tidak menyukai makanan yang mereka sukai sebelumnya, bahkan sebaliknya. Selain itu, kondisi ini juga ditandai dengan gejala mual dan muntah tapi hanya saat menginjak usia kehamilan 2 bulan saja.

3. Perubahan Emosi

Penyebab wanita hamil mengalami ngidam yang terakhir adalah terjadinya perubahan emosi. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti lingkungan yang kumuh, penghasilan rendah, atau karena kondisi emosi yang sangat labil. Seperti yang telah diketahui sebelumnya bahwa wanita hamil membutuhkan suasana yang tenang dan nyaman. Sehingga, jika mengalami kondisi buruk seperti itu akan membuat mereka mengalami ngidam.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Postingan Populer

TNDE

ABSEN BM

Pengikut