GENGGAMLAH DUNIA DENGAN IT, (LA ODE MUSRIN)


INSPIRASI DUNIA PETERNAKAN AYAM KAMPUNG SUPER.


Kandang Ayam Kampung Super (JOPER) Dari Nol Hari Sampai Panen

Ayam kampung super merupakan salah satu ayam hasil persilangan yang cukup potensial untuk dijadikan ayam pedaging. Pemeliharaan yang cukup sederhana dan tidak membutuhan lahan yang cukup luas dan modal yang cukup banyak membuat masyarakat banyak yang mencoba berbisnis pembesaran DOC ayam kampung super. Pemeliharaan ayam kampung super sendiri dimulai pada saat DOC sampai di kandang.



Dalam memelihara ayam kampung super, faktor kandang memegang peranan yang cukup penting. Kandang sebagai tempat untuk tumbuh dan berkembang ayam, tempat berkembang-biak ayam dan mengasuh anak-anaknya, tempat bertedur dari panas dan hujan, tempat untuk mengasuh anak-anaknya dan masih banyak lagi fungsi dari kandang.

2. Lokasi pemilihan kandang sebaiknya :
  1. Cukup jauh dari area pemukiman. Jarak minimal sekitar 500 meter dari pemukiman terdekat.
  2. Kandang cukup mendapatkan sinar matahari. Kandang yang cukup mendapat sinar matahari mendukung kandang selalu kering dan jamur tidak mudah tumbuh. Untuk itu diusahakan kandang menghadap ke timur agar sinar matahari dapat masuk ke kandang pada pagi hari.
  3. Suhu sekitar kandang tidak terlalu dingin dan terlalu panas (antara 25-32 derajat celcius).
  4. Mempunyai surkulasi yang baik sehingga udara segar dapat masuk ke kandang.
  5. Mempunyai akses jalan yang lancar. Akses jalan cukup penting karena untuk mempermudah mengangkut DOC masuk ke kandang, mengangkut hasil panen dan pakan ternak.
Kandang untuk pemeliharaan DOC – umur 3 minggu
Kandang untuk DOC biasanya berbentuk boks yang mempunyai pemanas buatan. Pemanas buatan disini berfungsi sebagai sebagai penghangat. Untuk DOC yang belum lama menetas masih mempunyai bulu yang belum tumbuh dengan sempurna. Untuk itu sebagai pengganti kehangatan dari indukannya maka diletakkan lampu pemanas. Dalam 1 kandang diletakkan beberapa lampu dengan kekuatan 5 – 10 watt tergantung dari suhu sekitar kandang.

3. Beberapa langkah saat DOC sampai di kandang :
  1. Cek jumlah DOC dengan menghitung satu per satu
  2. Cek kondisi DOC dan pisahkan DOC yang mempunyai beberapa kelemahan seperti sakit dan cacat pada bagian tubuhnya. Ayam yang sakit diletakkan dalam kandang terpisah dan diberikan pengobatan
  3. Berikan waktu istirahat kurang lebih 30 menit sebelum memberikan minuman yang terdiri dari air gula merah dicampur dengan air putih yang bersih. Pastikan semua meminum larutan tersebut.
  4. Setelah diberi minum diistirahatkan untuk kemudian diberi pakan sejenis konsentrat.

4. Untuk mengetahui indikator anakan ayam merasa kepanasan atau kedinginan dengan melihat reaksinya di dalam kandang :

@ Bila anakan berkumpul di dekat lampu maka kemungkinan anakan ayam masih merasa kedinginan. untuk itu titik lampu perlu ditambah lagi atau dengan diletakkan lampu dengan kekuatan yang lebih besar.
@ Untuk anakan ayam yang menjauh dari posisi lampu kemungkinan anakan ayam kepanasan. Sehingga peternak perlu mengganti lampu dengan yang lebih rendah watt nya.
@ Jika anakan ayam merata di seluruh area kandang maka kandang cukup hangat. Suhu tersebut cukup ideal untuk anakan ayam sehingga menyebar merata di seluruh kandang.

5. Kandang untuk pembesaran ayam kampung super

Kandang untuk pembesaran terbuat dari papan kemudian di pasang jaring untuk patisi pemisah, Bentuk kandang tergantung dari tujuan pemeliharaan. saat ini penulis mengunakan kandang lantai tanah yang dilapisi oleh serbuk gergaji atau ampas gergaji yang bisa di dapat di tempat pemotongan kayu,



 6. Pakan Ayam,

Pakan ayam Kampung Super bisa kita berikan Konsentrat BP 11, sampai umur 3 minggu kemudian selanjutnya diberikan Konsentrat BP 12, untuk menekan harga pakan penulis mencoba mengunakan pakan Alternatif, yakni dengan membuat Pakan Fermentasi, Apa itu pakan Fermentasi ???


Pakan fermentasi mempunyai manfaat yang baik bagi ayam kampung super joper karena dapat memberi dampak sehat pada ayam joper dan rasa daging yang gurih khas ayam kampung akan mudah didapat jika dibandingkan dengan pakan full pabrikan karena pakan fermentasi terbuat dari berbagai macam bahan organik yang tersedia di lingkungan sekitar dan mudah didapat dapat dipastikan pakan fermentasi sangat ramah lingkungan dan yang pasti ayam kampung super ayam boss pantas disebut bossnya ayam.
Berikut kami sajikan cara membuat pakan fermentasi di ayam boss bossnya ayam antara lain.
  • Bahan – bahan
  • Katul atau dedak
  • Beras jagung atau tepung jagung
  • Sayuran hijau seperti daun singkong, daun pepaya dan lain sebagainya
  • Konsentrat
  • Molases ( tetes tebu ) atau gula pasir
  • Probiotik atau ragi tape, atau EM 4

Cara mengolah pakan fermentasi ayam kampung super joper
Siapkan perbandingan bahan di atas untuk membuat 10 Kg Pakan ayam boss menggunakan perbandingan 4 Kg dedak,2 Kg beras jagung, 2 Kg konsentrat, 2 Kg Sayuran ( Bukan patokan baku ).
Siapkan sayuran dan dipotong halus lalu campurkan dengan dedak, beras jagung, hingga merata kemudian campurkan molases dan probiotik dengan perbandingan 3 cc probiotik dan 3 cc molases kemudian diberi air ½ liter dan campur jadi satu.
Campurkan bahan – bahan diatas menjadi satu kemudian tambahkan air secukupnya sampai adonan menjadi pero jika dikepal tidak hancur dan tidak meneteskan air. Kemudian aduk aduk sampai merata bisa diatas terpal atau alasan sejenis. Jika sudah merata kemudian masukkan dalam wadah dan tutup rapat harus kedap udara atau anaerob, diamkan 1 sampai 3 hari ( waktu tidak baku ) keberhasilan pakan fermentasi joper jika bau yang ditimbulkan berasa seperti tape atau permen, tanpa bau tengik. Usahakan jika waktu memberi makan ayam joper pakan fermentasi di angin anginkan.
Demikian cara singkat membuat pakan fermentasi ala ayam boss yang terbukti membuat ayam joper menjadi sehat dan daging ayam yang gurih.


7. Minum Ayam 

Untuk Cairan Minum Ayam, Penulis Mengunakan Campuran Viterna untuk 5 Liter Air dengan 1 Tutup Botol Viterna, 






Share:

2 komentar:

Total Tayangan Halaman

Postingan Populer

TNDE

ABSEN BM

Pengikut